https://ojs.stkip.ypupmks.ac.id/index.php/jome/issue/feedSIMASEI: Journal of Mathematic Education2025-02-04T19:57:38+07:00LPPM STKIP YPUP Makassarlppmstkipypup@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>SIMASEI: Journal of Mathematic Education</strong> adalah jurnal akademik yang diterbitkan oleh LPPM STKIP YPUP Makassar. Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian dan kajian ilmiah di bidang pendidikan matematika. SIMASEI bertujuan untuk menjadi wadah diskusi ilmiah bagi akademisi, peneliti, guru, dan praktisi pendidikan matematika. Artikel yang dimuat mencakup berbagai tema, seperti inovasi pembelajaran matematika, teknologi dalam pendidikan matematika, strategi pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan evaluasi pembelajaran.</p> <p><span style="font-size: 0.875rem;"><strong>SIMASEI: Journal of Mathematic Education</strong> diterbitkan secara berkala dengan frekuensi 2 kali dalam setahun (November dan Mei). Jurnal ini menerima artikel dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Dengan fokus pada kemajuan dan inovasi dalam pendidikan matematika, jurnal ini menjadi platform penting untuk berbagi pengetahuan dan praktik terbaik di bidangnya.</span></p> <p><span style="font-size: 0.875rem;"><strong>SIMASEI: Journal of Mathematic Education</strong> memberikan akses gratis kepada para penulis dan pembaca. Tidak ada biaya publikasi artikel (Article Processing Charge/APC) maupun biaya pengunduhan artikel. Kebijakan ini diambil untuk mendukung terbukanya akses ilmu pengetahuan bagi semua kalangan dan mendukung kolaborasi ilmiah tanpa batasan finansial.</span></p>https://ojs.stkip.ypupmks.ac.id/index.php/jome/article/view/72Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan mode pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kalukku2024-11-20T13:52:23+07:00Dewi Sri Marena A.P.Smarenadewi44@gmail.comAbdul Hamidabdulhamidypup@gmail.comFatimah Siratefatimasirate@ypup.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Snowball Throwing dalam pembelajaran matematika. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII.A SMP Negeri 3 Kalukku tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 30 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis diperoleh: (1) Rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum penerapan model pembelajaran Snowball Throwing sebesar 33,8 yang termasuk dalam kategori kurang; (2) Rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing sebesar 81,66 yang termasuk dalam kategori cukup baik; (3) Keterlaksanaan pembelajaran berada dalam kategori sangat baik dengan rata-rata persentase 89,58%; (4) Aktivitas siswa berada dalam kategori sangat aktif dengan rata-rata persentase 96,18%; (5) Angket respon siswa berada dalam kategori sangat positif dengan rata-rata persentase sebesar 95,71%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.</p>2025-02-06T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 SIMASEI: Journal of Mathematic Educationhttps://ojs.stkip.ypupmks.ac.id/index.php/jome/article/view/101Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Menggunakan dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw 2025-02-04T19:57:38+07:00sabinus Tangkuromitangku27@gmail.comNurfaidah Tasninurfaidatasniypupstkip@gmail.comMuliatymulyatiypup@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika dikalangan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dikelas VIII Smp Makassar Raya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).</p> <p>Model dalam penelitian ini, model kemmis taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, observasi, dokumentasi, tes. Data yang diperoleh lalu dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Untuk analisis kuantitatif, statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan karakteristik para responden. Sementara itu, data kualitatif dianalisis melalui pemaparan hasil. Penelitian ini dilakukan di Smp Makassar Raya kelas VIII yang berjumlah 24 siswa, diantara nya 18 laki-laki dan 6 siswa perempuan, penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan, dengan 4 tahapan yakni perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil tahapan-tahapan pada siklus I dimana Minat belajar siswa mencapai 83,751% dinyatakan baik, sedangkan pada siklus II dengan tahapan-tahapan seperti pada siklus I minat belajar matematika mencapai 90,288% dinyakan sangat baik. Pada hasil belajar siklsus I mencapai 70,84% dikategorikan sangat rendah sedangkan pada siklus II hasil belajar mencapai 91,67% dinyatakan sangat baik. Dalam hal ini penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMP.</p>2025-02-06T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 SIMASEI: Journal of Mathematic Educationhttps://ojs.stkip.ypupmks.ac.id/index.php/jome/article/view/81Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Aljabar Menggunakan Strategi Joyful Learning Pada Siswa Kelas IX UPT SPF SMP Negeri 10 Bulukumba2024-11-22T06:15:32+07:00Andi Juniawantimutiara090103@gmail.comNurfaidah Tasninurfaidatasniypupstkip@gmail.comAbdul Hamidabdulhamidypup@gmail.com<p>Pendidikan bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan potensi peserta didik agar<br />menjadi individu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, mandiri dan beradab.<br />Tujuan dilakukananya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar<br />siswa pada materi Aljabar di kelas IX di UPT SPF SMP Negeri 10 Bulukumba melalui<br />Strategi Joyful Learning. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom<br />Actionresearch) yang telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan penerapan strategi<br />Joyful Learning dengan tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap<br />refleksi. Jumlah siswa yang dijadikan sebagai responden di dalam penelitian ini adalah<br />sebanyak 31 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data<br />kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Joyful Learning<br />pada pembelajaran aljabar di kelas IX UPT SPF SMP Negeri 10 Bulukumba efektif<br />meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, meski antusiasme dan nilai rata-rata<br />siswa belum mencapai standar, terjadi peningkatan signifikan di siklus II. Siswa lebih<br />percaya diri, aktif, dan mampu memahami aljabar dengan lebih baik. Observasi<br />menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dan guru dari kategori baik ke sangat baik.<br />Jadi, Strategi Joyful Learning secara konsisten dapat meningkatkan pemahaman,<br />partisipasi, dan hasil belajar siswa.</p>2025-02-06T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 SIMASEI: Journal of Mathematic Educationhttps://ojs.stkip.ypupmks.ac.id/index.php/jome/article/view/71Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Masalah SPLTV dengan Menggunakan Langkah Polya pada Siswa Kelas X SMA Santo Paulus Manokwari2024-11-21T12:35:13+07:00Efraim Kotenefraim.koten46@gmail.comNurfaidah Tasninurfaidatasniypupstkip@gmail.comMuliatymulyatiypup@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematika, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), dengan menerapkan langkah-langkah strategi Polya. Adapun metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas X SMA Santo Paulus Manokwari sebanyak 13 partisipan. Hasil pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa dengan kesalahan memahami masalah sebesar 53.84%, siswa dengan kesalahan membuat rencana pemecahan masalah sebesar 38.46%, siswa dengan kesalahan melakukan rancangan/perhitungan sebesar 69.23%, siswa dengan kesalahan memeriksa kembali sebesar 69.23%. Data diperoleh melalui tes dan wawancara untuk mengidentifikasi kesalahan siswa pada setiap tahap pemecahan masalah, yaitu pemahaman masalah, perencanaan, pelaksanaan, dan peninjauan kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sering mengalami kesalahan dalam pemahaman masalah dan perencanaan strategi penyelesaian, yang disebabkan oleh interpretasi yang kurang tepat terhadap soal dan ketidakmampuan dalam memilih model matematika yang sesuai. Dengan demikian, pembelajaran yang terstruktur dan dukungan dari guru dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan logis dalam matematika.</p> <p> </p>2025-02-06T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 SIMASEI: Journal of Mathematic Educationhttps://ojs.stkip.ypupmks.ac.id/index.php/jome/article/view/93pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis matematika siswa menengah pertama kabupaten takalar2025-01-07T11:44:48+07:00IVIANA GOINivhyrazita@gmail.comFaihatuz Zuhairohfzuhairoh@stkip.ypup.ac.idNur Asrawatiasra.math@stkip.ypup.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen kemampuan berpikir kritis <br>matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang valid, reliabel, dan praktis. <br>Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain Research <br>and Development (R&D) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, <br>Disseminate), meskipun penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga (Develop). <br>Populasi penelitian terdiri dari siswa SMP di Kabupaten Takalar. Data dikumpulkan <br>melalui wawancara dengan guru serta uji validitas dan reliabilitas instrumen yang <br>dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa masih mengalami <br>kesulitan dalam berpikir kritis, dan guru seringkali tidak memanfaatkan sepenuhnya <br>peluang untuk melatih kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran. Instrumen yang <br>dikembangkan telah melalui validasi oleh para ahli, dan dinyatakan valid dan reliabel <br>dengan nilai Alpha Cronbach sebesar 0.81, yang mengindikasikan bahwa instrumen <br>sangat reliabel. Instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir <br>kritis matematika siswa dengan akurat dan diharapkan dapat membantu guru dalam <br>menilai dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa secara lebih efektif. <br>Penelitian ini menyarankan agar pengujian lebih lanjut dilakukan di wilayah yang lebih <br>luas serta pengembangan instrumen untuk materi matematika lainnya.</p>2025-02-06T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 SIMASEI: Journal of Mathematic Educationhttps://ojs.stkip.ypupmks.ac.id/index.php/jome/article/view/88Nur Padilah Dahri2024-12-05T22:09:19+07:00Nur padilah dahrinpadilah519@gmail.comMuhammad Tahirmuhammad@tahir.idAbdul Hadiabdulhadi030786@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah <br />matematis siswa kelas VIII di UPT SPF SMP Negeri 10 Bulukumba berdasarkan <br />pendekatan self-directed learning. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang <br />memberikan gambaran tentang kemampuan pemecahan masalah matematika. <br />Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui tes dan <br />wawancara semi-struktural berdasarkan langkah-langkah Polya. Instrumen <br />pendukung dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan <br />bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada bangun datar persegi panjang, <br />berdasarkan langkah Polya, terbagi dalam tiga kategori prestasi belajar: 25% siswa <br />berada dalam kategori prestasi belajar tinggi, 62,5% dalam kategori sedang, dan <br />12,5% dalam kategori rendah. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam <br />kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan kategori selfdirected learning (tinggi, sedang, rendah), di mana siswa dengan kategori prestasi <br />belajar sedang menunjukkan pencapaian yang lebih baik dibandingkan dengan siswa <br />pada kategori tinggi dan rendah.<br /><br /></p>2025-02-06T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 SIMASEI: Journal of Mathematic Educationhttps://ojs.stkip.ypupmks.ac.id/index.php/jome/article/view/89Jurnal Nurlaelah2024-12-10T07:48:10+07:00nur laelahlaelahn658@gmail.comAbdul Hamidabdulhamidypup@gmail.comNurfaidah Tasninurfaidatasniypupstkip@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materihimpunan melalui penggunaan alat peraga puzzle venn pada siswa kelas VII di UPTSPF SMP Negeri 10 Bulukumba. Tujuan khusus pengajaran matematika yaitu menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung sebgai alat dalam kehidupan sehari- hari. Desain penelitian tindakan kelas (classroom action research) dari siklus yang dilaksanakan minimal 2 siklus dengan penerapan alat peraga puzzle venn dengan tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SMP Negri 10 bulukumba tahun 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan sumber data dan tes observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 36% di kategorikan “baik”aktivitas guru pada siklus II meningkat 88% dikategorikan “sangat baik” Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif hasil tes siswa dilihat dari presentase preindikator kreativitas meningkat dari siklus 1 ke siklus II terlihat pada aspek kelancaran 31,25% meningkat menjadi 87,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan, penggunaan alat peraga puzzle venndalam pembelajaran matematika dapat meningkat keaktifan siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII di UPT SPF SMP NEGERI 10 Bulukumba.</p> <p> </p> <p><strong>Kata Kunci </strong>: Puzzle Venn, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa</p>2025-02-06T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 SIMASEI: Journal of Mathematic Education