pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis matematika siswa menengah pertama kabupaten takalar
Kata Kunci:
Pengembangan instrumen, berpikir kritis matematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen kemampuan berpikir kritis
matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang valid, reliabel, dan praktis.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain Research
and Development (R&D) menggunakan model 4D (Define, Design, Develop,
Disseminate), meskipun penelitian ini hanya sampai pada tahap ketiga (Develop).
Populasi penelitian terdiri dari siswa SMP di Kabupaten Takalar. Data dikumpulkan
melalui wawancara dengan guru serta uji validitas dan reliabilitas instrumen yang
dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa masih mengalami
kesulitan dalam berpikir kritis, dan guru seringkali tidak memanfaatkan sepenuhnya
peluang untuk melatih kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran. Instrumen yang
dikembangkan telah melalui validasi oleh para ahli, dan dinyatakan valid dan reliabel
dengan nilai Alpha Cronbach sebesar 0.81, yang mengindikasikan bahwa instrumen
sangat reliabel. Instrumen ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir
kritis matematika siswa dengan akurat dan diharapkan dapat membantu guru dalam
menilai dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa secara lebih efektif.
Penelitian ini menyarankan agar pengujian lebih lanjut dilakukan di wilayah yang lebih
luas serta pengembangan instrumen untuk materi matematika lainnya.