Jurnal Nurlaelah

Penulis

  • nur laelah STKIP YPUP
  • Abdul Hamid STKIP YPUP Makassar
  • Nurfaidah Tasni Universitas Negeri Makassar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar materihimpunan melalui penggunaan alat peraga puzzle venn pada siswa kelas VII di UPTSPF SMP Negeri 10 Bulukumba. Tujuan khusus pengajaran matematika yaitu menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan berhitung sebgai alat dalam kehidupan sehari- hari. Desain penelitian tindakan kelas (classroom action research) dari siklus yang dilaksanakan minimal 2 siklus dengan penerapan alat peraga puzzle venn dengan tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SMP Negri 10 bulukumba tahun 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan sumber data dan tes observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 36% di kategorikan “baik”aktivitas guru pada siklus II meningkat 88% dikategorikan “sangat baik” Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif hasil tes siswa dilihat dari presentase preindikator kreativitas meningkat dari siklus 1 ke siklus II terlihat pada aspek kelancaran 31,25% meningkat menjadi 87,5%. Hasil penelitian ini menunjukkan, penggunaan alat peraga puzzle venndalam pembelajaran matematika dapat meningkat keaktifan siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII di UPT SPF SMP NEGERI 10 Bulukumba.

 

Kata Kunci : Puzzle Venn, Hasil Belajar, Keaktifan Siswa

Diterbitkan

2025-02-06

Terbitan

Bagian

##section.default.title##