Nur Padilah Dahri
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa kelas VIII di UPT SPF SMP Negeri 10 Bulukumba berdasarkan
pendekatan self-directed learning. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang
memberikan gambaran tentang kemampuan pemecahan masalah matematika.
Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui tes dan
wawancara semi-struktural berdasarkan langkah-langkah Polya. Instrumen
pendukung dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada bangun datar persegi panjang,
berdasarkan langkah Polya, terbagi dalam tiga kategori prestasi belajar: 25% siswa
berada dalam kategori prestasi belajar tinggi, 62,5% dalam kategori sedang, dan
12,5% dalam kategori rendah. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan kategori selfdirected learning (tinggi, sedang, rendah), di mana siswa dengan kategori prestasi
belajar sedang menunjukkan pencapaian yang lebih baik dibandingkan dengan siswa
pada kategori tinggi dan rendah.