Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Aljabar Menggunakan Strategi Joyful Learning Pada Siswa Kelas IX UPT SPF SMP Negeri 10 Bulukumba
Kata Kunci:
Na2nda23Abstrak
Pendidikan bertujuan menumbuhkan dan mengembangkan potensi peserta didik agar
menjadi individu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, mandiri dan beradab.
Tujuan dilakukananya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
siswa pada materi Aljabar di kelas IX di UPT SPF SMP Negeri 10 Bulukumba melalui
Strategi Joyful Learning. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom
Actionresearch) yang telah dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan penerapan strategi
Joyful Learning dengan tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap
refleksi. Jumlah siswa yang dijadikan sebagai responden di dalam penelitian ini adalah
sebanyak 31 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Joyful Learning
pada pembelajaran aljabar di kelas IX UPT SPF SMP Negeri 10 Bulukumba efektif
meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, meski antusiasme dan nilai rata-rata
siswa belum mencapai standar, terjadi peningkatan signifikan di siklus II. Siswa lebih
percaya diri, aktif, dan mampu memahami aljabar dengan lebih baik. Observasi
menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dan guru dari kategori baik ke sangat baik.
Jadi, Strategi Joyful Learning secara konsisten dapat meningkatkan pemahaman,
partisipasi, dan hasil belajar siswa.