Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Masalah SPLTV dengan Menggunakan Langkah Polya pada Siswa Kelas X SMA Santo Paulus Manokwari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematika, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), dengan menerapkan langkah-langkah strategi Polya. Adapun metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas X SMA Santo Paulus Manokwari sebanyak 13 partisipan. Hasil pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa dengan kesalahan memahami masalah sebesar 53.84%, siswa dengan kesalahan membuat rencana pemecahan masalah sebesar 38.46%, siswa dengan kesalahan melakukan rancangan/perhitungan sebesar 69.23%, siswa dengan kesalahan memeriksa kembali sebesar 69.23%. Data diperoleh melalui tes dan wawancara untuk mengidentifikasi kesalahan siswa pada setiap tahap pemecahan masalah, yaitu pemahaman masalah, perencanaan, pelaksanaan, dan peninjauan kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sering mengalami kesalahan dalam pemahaman masalah dan perencanaan strategi penyelesaian, yang disebabkan oleh interpretasi yang kurang tepat terhadap soal dan ketidakmampuan dalam memilih model matematika yang sesuai. Dengan demikian, pembelajaran yang terstruktur dan dukungan dari guru dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan logis dalam matematika.