Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Menggunakan dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw
Kata Kunci:
Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JigsawAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika dikalangan siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dikelas VIII Smp Makassar Raya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Model dalam penelitian ini, model kemmis taggart. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah, observasi, dokumentasi, tes. Data yang diperoleh lalu dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Untuk analisis kuantitatif, statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan karakteristik para responden. Sementara itu, data kualitatif dianalisis melalui pemaparan hasil. Penelitian ini dilakukan di Smp Makassar Raya kelas VIII yang berjumlah 24 siswa, diantara nya 18 laki-laki dan 6 siswa perempuan, penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 pertemuan, dengan 4 tahapan yakni perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil tahapan-tahapan pada siklus I dimana Minat belajar siswa mencapai 83,751% dinyatakan baik, sedangkan pada siklus II dengan tahapan-tahapan seperti pada siklus I minat belajar matematika mencapai 90,288% dinyakan sangat baik. Pada hasil belajar siklsus I mencapai 70,84% dikategorikan sangat rendah sedangkan pada siklus II hasil belajar mencapai 91,67% dinyatakan sangat baik. Dalam hal ini penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sangat efektif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMP.